Lima Sekolah di Provinsi Aceh Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2023

Jakarta РKementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI menyelenggarakan kegiatan Penganugerahan Penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional dan Mandiri Tahun 2023 yang digelar di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.  Selasa (17/10/2023)

Adiwiyata merupakan sebuah program pengembangan pendidikan lingkungan hidup pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, program ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 2006. Pada tahun 2019, program Adiwiyata direvitalisasi menjadi Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (Gerakan PBLHS).

Tahun 2023 ini adalah tahun ke-17 pelaksanaan Gerakan PBLHS/Adiwiyata sebagai salah satu upaya dalam pengelolaan lingkungan di Indonesia. Tahun 2023, KLHK kembali akan menyelenggarakan Penyerahan Penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Nasional Tahun 2023.

Untuk tahun 2023, setelah melalui rangkaian seleksi terhadap usulan dari DLH Kab/Kota dan DLHK Aceh menetapkan 7 (tujuh) Usulan Calon Sekolah Adiwiyata Nasional (CSAN)

Dari  7 (tujuh) usulan CASN tersebut, KLHK menetapkan 5 (lima) sekolah meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional (SAN) yaitu SMP N 4 Banda Aceh, SMP N 6 Banda Aceh, SMA N 1 Dewantara Aceh Utara, SMA N 1 Muara Batu Aceh Utara dan SMA N 1 Lhoksukon Aceh Utara.

Tahun sebelumnya pada tahun 2022, Aceh memperoleh 1 (satu) Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional. Dengan hasil tersebut, selanjutnya DLHK Aceh akan mempunyai tugas yang lebih berat dalam mempersiapkan pembinaan dan penilaian sekolah-sekolah Adiwiyata hingga ke level sekolah Adiwiyata mandiri dan ASEAN Eco School.

Untuk kegiatan tersebut, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Aceh diwakili oleh Sub Koordinator Standarisasi dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan/PPLH Ahli Madya M. Subhan, ST., MT, dan Penyuluh Lingkungan Hidup Ahli Madya Safrida Afriana, PG.Dipl.Sc., MEM serta Penyuluh Lingkungan Hidup Ahli Muda M. Jamaansyah, SP. ikut mendampingi sekolah penerima penghargaan Adiwiyata Nasional tersebut yang diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan R I Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya, M. Sc.

Selanjutnya, secara mandiri pada kesempatan yang bersamaan, Tim Pedamping Adiwiyata DLHK Aceh akan melanjutkan rangkaian kegiatan Studi Banding Sekolah Penerima ASEAN Eco School tahun 2023 di SMP Negeri 2 Cilegon Provinsi Banten.[]

 


Sumber : Sub. Koord. SPKL DLHK Aceh

Share info ini