UPTD BPPPL DLHK Aceh Selenggarakan INHOUSE TRAINING

Banda Aceh – UPTD Balai Pengujian, Penelitian dan Pengembangan Lingkungan (BPPPL) DLHK Aceh merupakan sarana pelayanan teknis untuk menguji parameter kualitas lingkungan yang ada di Provinsi Aceh termasuk menguji kualitas lingkungan dari kegiatan atau usaha yang menghasilkan limbah cair.

Keberadaan Laboratorium BPPPL DLHK Aceh saat ini menjadi sangat penting artinya bagi Pemerintah Aceh dalam menyikapi dampak terhadap lingkungan yang ditimbulkan akibat kegiatan eksploitasi sumber daya alam serta akibat kegiatan usaha yang menyebabkan terjadinya pencemaran air, udara dan tanah.

Salah satu unsur yang menentukan dalam proses pemantauan/monitoring kualitas lingkungan tersebut adalah terwujudnya laboratorium lingkungan yang berkompeten yang mampu menguji parameter kualitas lingkungan dan menghasilkan data yang absah dan terukur serta dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah maupun secara hukum.

Untuk menjadikan sebuah Laboratorium uji yang berkompeten salah satunya harus menerapkan sistem manajemen mutu di semua lini kegiatan serta memiliki sumber daya manusia yang berkompeten pula.

Oleh karena itu, selain didukung oleh peralatan yang canggih, SDM yang handal sangat menunjang suatu laboratorium dalam menghasilkan data yang tepat dan akurat, sehingga data tersebut tidak terbantahkan baik secara ilmiah maupun hukum.

Adanya ketidakpastian dalam pengujian tersebutlah, kita harus memiliki ketelitian yang tinggi agar bisa meminimalisir kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam melakukan pengujian.

Berdasarkan permasalahan diatas, maka UPTD BP3L DLHK Aceh perlu melakukan INHOUSE TRAINING dengan materi Estimasi Ketidakpastian Pengukuran Pengujian. yang akan berlangsung dari tanggal 25 s.d 27 Oktober 2021 di UPTD BPPPL DLHK ACEH, Tibang, Banda Aceh

Inhouse Training dibuka oleh Kadis LHK Aceh A. Hanan, SP, MM dan didampingi Ka. UPTD BPPPL DLHK Aceh Ir. Akmal Husen, MM pada Senin (25/10/2021)

Sebagai Narasumber pada kegiatan tersebut yaitu Dra. Nirmala, MT (Kasi Mutu Lab LHK Prov. Banten). Peserta Inhouse Training 30 orang (personel laboratorium) UPTD BPPPL DLHK Aceh.

Dengan terselenggaranya Inhouse Training tersebut diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih dalam lagi bagi personel UPTD BPPPL DLHK ACEH dalam menjalankan tugas pengujian agar dapat bekerja sesuai dengan metode yang sesuai dan menghasilkan data yang valid dan dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah dan hukum.[]

 

 

 

Sumber : UPTD BPPPL DLHK Aceh

Share info ini

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on print
Share on email