Membagun Generasi Muda Peduli, Ramah dan Berbudaya Lingkungan

Banda Aceh – Pada hari Selasa (31/8/2021) bertempat di Ruang Bidang Pengendalian Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh dilaksanakan Webinar Membangun Generasi Muda Peduli, Ramah dan Berbudaya Lingkungan.

Acara ini dilaksanakan secara virtual dan dibuka oleh Kepala Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Muda BPSDM Kemen LHK Cicilia Sulastri, SH, MH, dan diikuti Kepala Bidang Pengendalian Kerusakan Lingkungan Ir. Cut Nismaita, MP, Kasi Standarisasi dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Ir. Wiyono, MT serta Calon Sekolah Adiwiyata Nasional lingkup Provinsi Aceh, antara lain : SMAN 1 Permata Kabupaten Bener Meriah, SMPN 1 Sabang Kota Sabang, SMP Darma Patra Kabupaten Aceh Tamiang, SDN 1 Sabang Kota Sabang serta SDN 2 Percontohan Kabupaten Aceh Tamiang.

Berdasarkan Undang Undang Nomor 32 Tahuin 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, pada Pasal 65 ayat (2) disebutkan bahwa “Setiap orang berhak mendapatkan pendidikan dasar lingkungan hidup”. Untuk itu diperlukan adanya program dan kegiatan dalam peningkatan edukasi maupun komunikasi kepada warga Sekolah agar hak dasar tersebut dapat terpenuhi dengan baik.

Dalam Permen LHK Nomor P.52/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2019 tentang Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah, maka Gubernur melalui Dinas teknis terkait berkewajiban melakukan pembinaan untuk mendukung gerakan PBLHS (Peduli Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah) sebagai upaya pelestarian fungsi lingkungan hidup di lingkungan Sekolah. Sekolah yang berhasil melaksanakan gerakan PBLHS tersebut berhak mendapatkan penghargaan Adiwiyata yang diberikan oleh Menteri, Gubernur dan Bupati/Walikota.

Adapun tujuan yang diharapkan dalam acara webinar ini adalah meningkatnya pengetahuan dan pemahaman lingkungan hidup generasi muda sehingga terwujudnya aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjenjang dan berkelanjutan yang dilakukan oleh generasi muda warga Sekolah dalam menerapkan perilaku peduli, ramah dan berbudaya lingkungan yang berdampak pada peningkatan kualitas lingkungan hidup disekitarnya.[]

 

 

Sumber : Bidang PKL DLHK Aceh

Share info ini

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on print
Share on email