Menu

DLHK Aceh Tandatangani MoU Kerjasama Pengembangan Program Restorasi dan Perlindungan Mangrove di Provinsi Aceh

Banda Aceh – Pada hari Senin (6/7/2020) dilaksanakan penandatanganan MoU kerjasama antara Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Aceh dengan Yayasan Gajah Sumatera (YAGASU) Aceh dalam rangka Pengembangan Program Restorasi dan Perlindungan Mangrove di Provinsi Aceh.

Penanda tanganan MoU tersebut dilakukan oleh Kepala Dinas LHK Aceh Ir. Sahrial dengan Program Direktur YAGASU Aceh Meilinda Suriani Harefa.

Maksud MoU kerjasama ini adalah memadukan program kerja Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh dengan Yagasu Aceh dalam upaya restorasi dan perlindungan ekosistem mangrove melalui kegiatan penanaman dan perawatan mangrove, penelitian, edukasi, penyadaran dan pemberdayaan ekonomi masyarakat pada kawasan ekosistem mangrove di Provinsi Aceh.

Sedangkan tujuan MoU kerjasama ini adalah untuk mengembalikan fungsi ekosistem mangrove yang telah rusak serta melindunginya untuk kepentingan pengurangan resiko bencana alam wilayah pantai (abrasi pantai, rob dan tsunami), peningkatan ekonomi masyarakat pesisir melalui program wana-mina (silvo-fishery) serta mendukung program mitigasi dan adaptasi perubahan iklim secara global.

Adapun lokasi pilot project kerjasama MoU berada pada kawasan ekosistem mangrove di 12 (dua belas) Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh, yang meliputi : Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Pidie, Kabupaten Pidie Jaya, Kabupaten Bireuen, Kabupaten Aceh Utara, Kabupaten Aceh Timur, Kota Lhokseumawe, Kota Langsa, Kabupaten Aceh Tamiang, Kabupaten Aceh Jaya dan Kabupaten Aceh Barat.[]

 

 

 

Sumber : Bidang PKSDA DLHK Aceh

 

Share info ini

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on print
Share on email