Menu

Konsolidasi Pengelola Perhutanan Sosial di Aceh

Banda Aceh – Bertempat di Hotel Oasis, Banda Aceh, 9-10 Maret Walhi Aceh selenggarakan kegiatan Konsolidasi Pengelola Perhutanan Sosial di Aceh.

Dinas LHK Aceh yang diwakili Dedek Hadi I, S. Hut, M.Si Kasie Pemberdayaan Masyarakat dan Penyuluhan menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

Peserta kegiatan Konsolidasi Pengelola Perhutanan Sosial tersebut adalah Kelompok Pemegang Izin Perhutanan Sosial dampingan WALHI Aceh beserta Mitra CSO lokal lainnya.

Materi yang disampaikan terkait Peran dan Fungsi Strategis Pendamping Perhutanan Sosial. Keberadaan pendamping Perhutanan Sosial menjadi komponen penting yang harus dipenuhi sebagai jaminan operasionalisasinya dapat berjalan sesuai dengan tujuan diberikan izin.

Tujuan pendampingan Perhutanan Sosial adalah: dalam rangka penguatan kelembagaan Kelompok Perhutanan Sosial; Pendampingan terhadap akses informasi pasar, modal serta teknologi; Pengembangan Usaha PS; dan Mendorong kemandirian masyarakat dalam mengelola PS secara lestari sekaligus berdampak pada peningkatan pendapatan serta perekonomian masyarakat.

Kegiatan berlangsung selama dua hari tersebut dengan agenda di hari pertama diisi dengan seminar dan pada hari kedua dilanjutkan dengan lokakarya menginisiasi terbentuknya Asosiasi Pengelola Perhutanan Sosial Aceh.[DHI]

 

Sumber : Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Penyuluhan, DLHK Aceh

Share info ini

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on print
Share on email