Menu

Temu Wicara dan Workshop Koordinasi, Integrasi Penyuluh Kehutanan Aceh dan Pusat Penyuluhan Kehutanan KLHK

Banda Aceh – Aspek penyiapan SDM merupakan bagian penting dari aspek penguatan kelembagaan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dan harus mendapat perhatian khusus agar mampu mengoperasionalkan kegiatan-kegiatan KPH berdasarkan rencana pengelolaan yang telah disusun.

Sebagai ujung tombak SDM KPH yang berhadapan langsung dengan masyarakat/kelompok masyarakat sekitar kawasan hutan, penyuluh/pendamping di KPH memiliki tugas yang penting dan spesifik.

Untuk mendukung kerja efektif dan optimal pendamping/penyuluh kehutanan maka Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Aceh dan USAID Lestari menyelenggarakan kegiatan Temu Wicara dan Workshop Koordinasi & Integrasi Penyuluh Kehutanan Aceh dan Pusat Penyuluhan Kehutanan KLHK.

Temu Wicara dan Workshop Koordinasi & Integrasi Penyuluh Kehutanan Aceh dan Pusat Penyuluhan Kehutanan KLHK tersebut dibuka oleh Kadis LHK Aceh Ir. Sahrial yang dilaksanakan di Hotel Kyriad Muraya, Banda Aceh dari tanggal 6 – 7 Februari 2020.

Kegiatan tersebut bertujuan mengintegrasikan program dan kegiatan penyuluhan kehutanan Aceh dengan program Pusat Penyuluhan KLHK, guna memantapkan  fungsi penyuluh kehutanan sebagai pendamping kelompok masyarakat termasuk bagi pemegang akses kelola kawasan hutan (Kerjasama Pengelolaan Hutan dan Perhutanan Sosial) di Aceh.

Sebagai narasumber pada kegiatan tersebut yaitu Kapusluh KLHK Ir. Mariana Lubis, MM, Koordinator Penyuluh Aceh, Kepala Bidang Ketenagakerjaan Penyuluhan dan didampingi oleh Kabid Rehabilitasi Lahan, Bina Usaha dan Perhutanan Sosial DLHK Aceh Ir. Ridhwan, MM. serta Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Penyuluhan Dedek Hadi. I, S.Hut, M.Si.

Acara yang berlangsung dua hari tersebut dihadiri oleh 71 peserta yaitu Tenaga Penyuluh Kehutanan se-Aceh, Unsur DLHK Aceh, Unsur KPH, Unsur Pusluh Pusat dan Unsur USAID Lestari.

Kadis LHK Aceh berharap dengan adanya kegiatan Temu Wicara dan Workshop Koordinasi & Integrasi Penyuluh Kehutanan Aceh dan Pusat Penyuluhan Kehutanan KLHK ini dapat menghasilkan rumusan–rumusan yang menjadi masukan bagi kegiatan penyuluhan kehutanan yang terintegrasi dan selain itu juga mendukung proses pendampingan perhutanan sosial dan kerjasama ditingkat tapak secara kontinyu.[]

 

Sumber : Bidang RLBU & PS, DLHK Aceh

Share info ini

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on print
Share on email