Menu

Bimtek Penyusunan Dokumen Sekolah Ramah Lingkungan (Adiwiyata) Tahun 2020

Banda Aceh – Bertempat di Hotel Rasamala, Banda Aceh, Rabu (26/02/2020) DLHK Aceh menyelenggarakan kegiatan Bimtek Penyusunan Dokumen Sekolah Ramah Lingkungan (Adiwiyata) Tahun 2020.

Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian LHK dalam rangka upaya mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Acara Bimtek dibuka oleh Sekretaris DLHK Aceh Ir. Anizar, MP yang mewakili Kadis LHK Aceh dan dihadiri oleh instansi lingkungan hidup dari 23 kabupaten/kota, 9 calon Sekolah Adiwiyata Nasional (CSAN) dan 14 Sekolah Menengah Atas.

Sebagai narasumber pada kegiatan tersebut adalah Kabid Bidang Pengendalian Kerusakan Lingkungan DLHK Aceh Ir. Cut Nismaita, MP, Dari SMKN 6 Kota Langsa, Bapak Drs. Yunaldi mantan Kepsek SMK 2 Karang Baru Tamiang (yang pada tahun 2019 masuk menjadi sekolah Adiwiyata Nasional) dan Staf Bid. Pengendalian Kerusakan Lingkungan DLHK Aceh Ahdiarsyah.

Prinsip dasar Adiwiyata adalah, Edukatif, dimana pendidikan berwawasan lingkungan menjadi salah satu prioritas kebijakan sekolah melalui kurikulum yang berbasis lingkungan. Prinsip selanjutnya adalah Partisipatif; dimana komunitas sekolah terlibat dalam manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan sejak proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi sesuai tanggung jawab dan perannya, selanjutnya Berkelanjutan; disini seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komprehensif.

Dengan adanya bimtek tersebut diharapkan kepada seluruh Dinas Lingkungan Hidup di 23 kabupaten/kota agar dapat membina sekolah-sekolah yang akan di usulkan ke Provinsi dan Nasional setiap tahunnya dan dapat mencetak lebih banyak lagi calon-calon sekolah yang berbudaya lingkungan (Adiwiyata) sehingga sekolah akan lebih siap untuk melanjutkan ke tahap berikutnya, dari Provinsi, Nasional lalu mandiri serta ke tahap Asean Eco School. []

 

Sumber : Bidang PKL, DLHK Aceh

Share info ini

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on print
Share on email